ARTIKEL FUNGSI/KEGUNAAN LARUTAN PENYANGGA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Artikel Fungsi/Kegunaan Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-hari (Materi Kimia)

Mungkin banyak orang tidak menyadari jika dalam hidupnya mendapatkan bantuan dari larutan penyangga. Kegunaan larutan penyangga yaitu menjaga tingkat keasaman larutan.
Tingkat keasaman sering dilambangkan dengan pH. Sementara pada larutan penyangga, memiliki kadar asam maupun basa lemah. Secara sederhana, larutan penyangga akan berusaha menetralkan zat asam atau basa yang berasal dari luar. Tulisan ini merupakan sebuah artikel fungsi larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
Larutan penyangga disebut juga larutan buffer. Ketika bertemu dengan larutan asam atau basa dari luar, larutan penyangga melakukan aktivitas yang disebut reaksi asam basa konjugasi. Saat reaksi kimia ini terjadi, zat yang melakukan reaksi dengan larutan penyangga segera menurun atau naik keasamannya. Naik turunnya nilai pH ini menyesuaikan reaksi yang terjadi.
Kestabilan keasaman perlu dijaga karena kadang reaksi yang menimbulkan nilai asam maupun basa yang tinggi bisa menyebabkan reaksi yang mungkin tidak terduga dan tidak diinginkan. Dengan bantuan larutan penyangga, kenaikan atau penurunan nilai pH secara drastis bisa dihindari.
Contoh larutan penyangga paling dekat dengan manusia adalah darah. Darah yang normal memiliki nilai pH antara 7,35 hingga 7,45. Kondisi normal membuat fungsi darah juga ikut berjalan secara wajar. Apabila nilai pH darah ini turun atau naik secara drastis, efek yang terjadi yaitu kerusakan pada berbagai organ tubuh. Dan, darah secara alami telah dilengkapi dengan larutan penyangga yang otomatis berfungsi menjaga nilai pH.
Ada tiga larutan penyangga yang ditemukan dalam darah, yaitu larutan buffer karbonat, larutan buffer fosfat, dan larutan buffer hemoglobin. Larutan penyangga yang bertugas menjaga nilai pH darah adalah karbonat dan fosfat. Sementara larutan penyangga hemoglobin bertugas membantu penyerapan oksigen ke dalam darah.
Larutan penyangga ditemukan pula pada air ludah.Dalam keadaan normal, mulut memiliki nilai pH di kisaran 6,8. Air ludah dilengkapi dengan larutan penyangga fosfat yang berguna untuk mempertahankan nilai pH secara alami. Termasuk pula, larutan penyangga ini berguna untuk gigi dari pengaruh buruk asam yang disebabkan pembusukan sisa-sisa makanan di sela gigi. Gigipun menjadi lebih terjaga dari kerusakan.

0 komentar "ARTIKEL FUNGSI/KEGUNAAN LARUTAN PENYANGGA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Menu